Mengatasi Entering The Power Saving Mode Shortly di Komputer

Mungkin Anda sering mengalami masalah munculnya tulisan “Power Saving Mode” pada komputer sehingga tidak bisa menampilkan gambar.

Terlebih masih banyak orang yang bingung dengan cara mengatasi entering the power saving mode shortly pada komputer.

Masalah power saving mode atau no signal sekilas terlihat sederhana, namun kenyataannya rumit jika Anda menelisik lebih dalam.

Kondisi monitor no signal ini terjadi ketika CPU menyala tetapi monitor tidak menampilkan gambar atau suara apapun.

Apa Penyebab Monitor No Signal?

Baik pengguna monitor lawas atau versi baru tentu pernah mengalami masalah pada monitor yang tidak bisa menampilkan gambar. Lantas, apa penyebab monitor power saving mode? Tentu ada beberapa penyebab dari masalah tersebut yang harus Anda ketahui.

1. Komputer Berdebu

Di era teknologi saat ini tentu Anda lebih sering menggunakan komputer untuk bekerja atau belajar dan kegiatan lainnya setiap hari. Namun, sering kali Anda mengabaikan kebersihan dari komputer tersebut hingga menimbulkan berbagai masalah ringan hingga masalah serius.

Cara mengatasi entering the power saving mode shortly pada komputer dengan benar tentu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Pasalnya, masalah monitor tidak dapat menampilkan gambar atau no signal bisa karena komputer tersebut berdebu.

2. Masalah Kabel ke Monitor

Penggunaan elektronik tentu tidak luput dari masalah, terutama penggunaan komputer yang membutuhkan perangkat lain untuk beroperasi. Monitor membutuhkan CPU untuk bisa berjalan fungsi monitor yang semestinya.

Apa penyebab monitor power saving mode? Bisa saja masalah power saving mode terjadi karena kabel penghubung. Pasalnya, terdapat kabel yang berfungsi menghubungkan COU dengan monitor dan bisa saja kabel tersebut longgar atau rusak.

3. VGA Card Rusak

Dalam proses pengoperasian komputer terdapat beberapa komponen yang memiliki peran atau fungsi masing-masing. Dan komponen tersebut saling terhubung satu sama lain sehingga masalah bisa timbul jika salah satu rusak.

Kartu VGA termasuk bagian komputer yang berperan untuk menampilkan gambar pada monitor. Gambar tidak akan muncul jika VGA rusak sehingga Anda perlu mencari tahu cara mengatasi entering the power saving mode shortly pada komputer secara tepat.

Mengatasi Entering The Power Saving Mode Shortly

4. Motherboard Rusak

Mengatasi masalah no signal pada monitor tergolong mudah jika sudah memahami penyebab dari masalah tersebut. Meskipun begitu, masalah no signal atau power saving mode termasuk rumit jika dialami orang awam atau tidak paham teknologi.

Komputer juga memiliki komponen lain yang tidak kalah penting, bagian tesebut adalah motherboard. Motherboard yang rusak juga bisa menjadi pemicu monitor muncul tulisan power saving mode atau no signal.

5. Pasta Prosesor Kering

Prosesor merupakan bagian dari komputer yang panas dan prosesor membutuhkan cooler untuk membuang panas. Namun, Anda tidak bisa sembarangan saat memasang cooler pada prosesor karena membutuhkan bahan yang lain.

Bagaimana cara mengatasi entering the power saving mode shortly pada komputer? Tentu Anda harus mengetahui penyebabnya. Penyebabnya bisa jadi pasta atau termal paste pada prosesor kering  sehingga menyebabkan prosesor panas.

6. Monitor Bermasalah

Menggunakan komputer untuk berbagai aktivitas memang lebih praktis, namun ketika timbul masalah tentu membingungkan. Terlebih masalah monitor tidak mau menampilkan gambar atau suara padahal CPU nyala secara normal.

Tidak jarang masalah tersebut kerap membuat bingung sehingga mencoba mencari faktor pemicu monitor no signal. Sudah memeriksa semua komponen tapi aman? Bisa jadi masalah no signal terjadi karena monitor yang rusak.

6 Cara Mengatasi Entering The Power Saving Mode Shortly pada Komputer

Setiap muncul masalah tentu ada penyebabnya, termasuk saat monitor bermasalah juga terdapat penyebab yang perlu Anda selidiki. Meskipun tidak mengenal tentang ilmu komputer, setidaknya sedikit banyak tentu Anda sudah paham tentang komputer.

Pasalnya, terdapat kemungkinan masalah timbul saat Anda menggunakan komputer termasuk masalah monitor tidak menampilkan gambar. Masalah power saving mode sebenarnya bisa Anda atasi dengan mudah menggunakan cara berikut ini:

1. Cek Kabel

Ternyata Cara mengatasi entering the power saving mode shortly pada komputer sebenarnya cukup mudah dan simpel. Anda bisa memeriksa kabel penghubung antara monitor denga CPU terlebih dahulu saat monitor muncul tulisan no signal.

Anda tentu sudah tahu bahwa monitor dan CPU terhubung menggunakan kabel yang  memiliki ujung berwarna biru. Jika kabel longgar, maka Anda harus mengencangkan kabel agar monitor mau menyala atau menampilkan gambar.

2. Cek Kartu VGA

Tidak hanya itu saja, Anda masih bisa menggunakan cara mengatasi komputer entering the power save mode yang lain. Pasalnya, menggunakan satu cara untuk mengatasi masalah belum tentu berhasil sehingga memerlukan cara lain.

Pada komputer juga terdapat kartu VGA yang berfungsi untuk menampilkan gambar pada monitor. Anda juga harus memeriksa kartu VGA apakah masih normal atau rusak dan coba bersihkan kartu tersebut sebelum memasangnya kembali.

3. Bersihkan RAM

Cara mengatasi entering the power saving mode shortly pada komputer tergolong mudah jika memahami penyebabnya. Perlu Anda ketahui, penyebab monitor no signal bisa  saja bersumber dari RAM pada komputer itu sendiri.

Untuk mengatasi masalah monitor no signal dengan cara membersihkan RAM dari debu yang menempel. Selain itu, Anda juga harus membersihkan bagian RAM yang berwarna kekuning-kuningan menggunakan penghapus pensil.

Mengatasi Entering The Power Saving Mode Shortly

4. Cek Sambungan Hardisk

Bagaimana cara mengatasi komputer power saving mode? Tentu cara mengatasi masalah komputer no signal kerap membuat penasaran. Terlebih masalah ini sering kali orang-orang alami terutama para pengguna komputer.

Mungkin Anda sudah menggunakan beberapa cara mengatasi monitor eror namun tetap tidak berhasil. Meskipun begitu, Anda masih biaa menggunakan alternatif lainnya dengan memeriksa sambungan hardisk dengan cara mematikan monitor dan cabut kabel hardisk.

5. Instal Ulang Driver Display

Cara mengatasi entering the power saving mode shortly pada komputer bisa Anda coba lakukan sendiri di rumah. Bisa saja driver display yang menjadi penyebab monitor tidak dapat menampilkan gambar dan muncul keterangan no signal.

Oleh karena itu, Anda perlu menginstal ulang driver untuk mengembalikan fungsi monitor secara normal. Caranya melalui device manager dan aktifkan pilihan update driver secara otomatis lalu restart komputer.

6. Bawa ke Tukang Servis

Saat mengalami masalah pada komputer tentu dapat mengganggu pekerjaan hingga membuat kesal. Tidak jarang masalah yang timbul membuat Anda bingung untuk menanganinya termasuk cara mengatasi monitor no signal.

Meskipun Anda bukan berasal dari lulusan komputer, namun Anda masih bisa memperbaiki masalah komputer sendiri. Jika masalah komputer no signal tidak kunjung teratasi dengan berbagai cara, sebaiknya Anda langsung membawanya ke ahli komputer.

Penggunaan gawai seperti komputer atau laptop tentu tidak luput dari masalah, salah satunya power saving mode atau no signal. Demikian cara mengatasi entering the power saving mode pada komputer dengan benar dan mudah.

Tinggalkan komentar